Agama OS

Linux continent

Linux continent

Adalah Distrowatch yang merupakan rujukan pengguna Linux-BSD sejagat untuk menentukan dimanakah posisi distribusi sistem operasi yang dipakainya. Layaknya kontes, hasil benchmark di Distrowatch menunjukan peringkat gengsi sebuah distro sistem operasi.

Berbagai citarasa sistem operasi ini tidak semata merupakan alat bantu kerja saja, namun juga memunculkan penggemarnya masing-masing. Mulai muncul kelompok pengguna penggemar sebuah distro yang rajin membuat perbandingan dengan distro lain. Dan muncul fanatisme distro.  Lalu layaknya penggemar klub sepak bola, mereka saling caci dan cela. Kemudian memblokade kode beberapa paket aplikasi opensource agar hanya bisa dipergunakan  oleh distronya.

Tak dapat dipungkiri bahwa setiap distropun pada akhirnya memilih layanan spesifik sebagai pembeda atas distro lainnya. Atau sengaja tampil beda dengan distro mainstream lainnya. Pastinya ada beberapa paket perangkat yang menjadi native bagi distro tersebut.

Bagimu Operating System-mu, Bagiku Operating System-ku

Masihkan kita bisa berbicara tentang opensource? sumber terbuka yang bisa dipergunakan oleh siapa saja, untuk kepentingan apa saja?

…akhirnya nulis blog lagi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s